Saat ini banyak bgt orang2 punya facebook ato biasa disingkat fb. Mulai dari ank2 sampe tante. G salah emang klo Indonesia dibilang lagi demam internet. Mulai dari situs pertemanan sampe situs porno . Tapi semuanya pasti ada sisi positif dan negatifnya. Tergantung kita dalam menyikapinya.

Kembali kepada topik awal tentang banyaknya bertabur cinta di facebook. Tidak pandang bulu dalam menyatakan cinta..ada yang cew k cow... ada juga cow k ...cew... bahakan sampai ada cow..k cow....
Hal ini mengapa banyak gosip klofb dianggap haram . Klo gw anggep sichh selagi gw g buat yang aneh dan masih dalam batas ambang kewajaran dan g dilarang agama gw ikuut aja.

Saampe sekarang ini..bukannya sombong udah beberapa kali gw ditembak sama cew....bahkan pernah ditembak cow...Kdang emang ngerasa risih. Klo dipikir2 banyak bgt cew2 yang sepertinya dah g gengsii lagi masalah nembak cow.




Cinta bisa cu,a lewat fb..mnurut aq terlalu munafik yach....iya klo itu bnr2 orangnya..apa;agi klo pake foto palsu..kasian tmn kencannya kan ,,,,dunia emang udah beda kata mami gw...

Ini mungkin juga pengeruh chatting.Awal kali para chatter ini menganggap chatt adalah hal iseng, tapi lama – ke lamaan akan memberikan rasa candu, yang ujung-ujung lupa waktu akan tugas nya sehari-hari.
Memberikan kepuasan dikala anak merasa bosan dengan rutinitas dirumah, karena bisa bertegur sapa dan bercanda dengan teman baru nya di dunia maya.
memberikan pengaruh pada kepribadian anak, karena cenderung mengikuti pola atau karakter lawan chatting nya.

Membayakan dirinya sendiri, mayoritas pechatter, akan merasa penasaran dengan lawan chatting nya yang berujung pada tukar no hp atau rumah dan kopi darat atau bertemu di dunia nyata. Hal inilah yang kebanyakan dimanfaatkan oleh orang hidung belang / pelaku pedofilia untuk mencari korbannya. Maka kita sebagai orang tua harus bisa mengawasi anak kita dari bahaya ini.

media ini rentan dan membahayakan karena sekarang ini media chatting sudah sangat canggih, dengan adanya chatting lewat Handphone yang ditawarkan oleh operator seluler baru. Baru ini, penulis pernah menjumpai banyak dikalangan pelajar, yang dikala pelajaran tidak focus dengan pelajarannya malah berasyik-masyuk chatting lewat hp.
Diposting oleh Putra Aditya Dasopang
Sabtu, 17 Oktober 2009 di 13.13 | 0 komentar  
Bumi berbentuk bulat seperti bola, namun rata di kutub-kutubnya.jari-jari Khatulistiwa = 6.378 km, jari-jari kutub=6.356 km. Lebih dari 70 % permukaan bumi diliputi oleh lautan.


STRUKTUR DALAM BUMI

Bumi memiliki struktur dalam yang hampir sama dengan telur. Kuning telurnya adalah inti,putih telurnya adalah selubung, dan cangkang telurnya adalah kerak
.
Berdasarkan penyusunnya lapisan bumi terbagi atas litosfer, astenosfer, dan mesosfer. Litosfer adalah lapisan paling luar bumi (tebal kira-kira 100 km) dan terdiri dari kerak bumi dan bagianatas selubung. Litosfer memiliki kemampuan menahan beban permukaan yang luas misalkangunungapi. Litosfer bersuhu dingin dan kaku. Di bawah litosfer pada kedalaman kira-kira 700 km terdapat astenosfer. Astenosfer hampir berada dalam titik leburnya dan karena itubersifatseperti fluida. Astenosfer mengalir akibat tekanan yang terjadi sepanjang waktu. Lapisanberikutnya mesosfer. Mesosfer lebih kaku dibandingkan astenosfer namun lebih kental dibandingkan litosfer. Mesosfer terdiri dari sebagian besar selubung hingga inti bumi.


TEORI TEKTONIK LEMPENG

Menurut teori tektonik lempeng, permukaan bumi ini terbagi atas kira-kira 20 pecahan besaryang disebut lempeng. Ketebalannya sekitar 70 km. Ketebalan lempeng kira-kira hampir sama dengan litosfer yang merupakan kulit terluar bumi yang padat. Litosfer terdiri dari kerak dan selubung atas. Lempengnya kaku dan lempeng-lempeng itu bergerak diatas astenosfer yang
lebih cair.
Panah pada peta menunjukkan arah pergerakan lempeng saat ini.


BATAS - BATAS LEMPENG


Daerah tempat lempeng-lempeng itu bertemu disebut batas lempeng. Pada batas lempeng kita dapat mengetahui cara bergerak lempeng-lempeng itu. Lempeng bisa saling menjauh, saling bertumbukan, atau saling menggeser ke samping.
PENYEBAB GERAKAN LEMPENG
Arus konveksi memindahkan panas melalui zat cair atau gas.Gambar poci kopi menunjukkan dua arus konveksi dalam zat cair. Perhatikan, air yang dekat dengan api akan naik, saat dingin dipermukaan air kembali turun. Para ilmuwan menduga arus konveksidalam selubung itulah yang membuat lempeng-lempeng bergerak. Karena suhu selubung amat panas, bagian-bagian di selubung bisa mengalir seperti cairan yang tipis. Lempeng-lempeng itu bergerak seperti ban berjalan berukuran besar.

GEMPABUMI

APAKAH GEMPABUMI ITU
Gempabumi adalah berguncangnya bumi yang disebabkan oleh tumbukan antar lempeng bumi , patahan aktif aktivitas gunungapi atau runtuhan batuan. Kekuatan gempabumi akibat aktivitas gunungapi dan runtuhan batuan relatif kecil sehingga kita akan memusatkan pembahasan pada gempabumi akibat tumbukan antar lempeng bumi dan patahan aktif.

PROSES GEMPABUMI
Lempeng samudera yang rapat massanya lebih besar ketika bertumbukkan dengan lempeng benua di zona tumbukan (subduksi) akan menyusup ke bawah. Gerakan lempeng itu akan mengalami perlambatan akibat gesekan dari selubung bumi. Perlambatan gerak itu menyebabkan penumpukkan energi di zona subduksi dan zona patahan. Akibatnya di zona-zona itu terjadi tekanan, tarikan, dan geseran. Pada saat batas elastisitas lempeng terlampaui, maka terjadilah patahan batuan yang diikuti oleh lepasnya energi secara tiba-tiba. Proses ini menimbukan getaran partikel ke segala arah yang disebut gelombang gempabumi.

DIMANAKAH KITA TINGGAL ?


Kepulauan Indonesia terletak pada pertemuan 3 lempeng utama dunia yaitu lempeng Australia, Eurasia, dan Pasifik. Lempeng Eurasia dan Australia bertumbukan di lepas pantai barat Pulau
Sumatera, lepas pantai selatan pulau Jawa, lepas pantai Selatan kepulauan Nusatenggara, dan berbelok ke arah utara ke perairan Maluku sebelah selatan. Antara lempeng Australia dan Pasifik terjadi tumbukan di sekitar Pulau Papua. Sementara pertemuan antara ketiga lempeng itu terjadi di sekitar Sulawesi. Itulah sebabnya mengapa di pulau-pulau sekitar pertemuan 3 lempeng itu sering terjadi gempabumi.
Berikut ini adalah 25 Daerah Wilayah Rawan Gempabumi Indonesia yaitu: Aceh, Sumatera Utara (Simeulue), Sumatera Barat - Jambi, Bengkulu, Lampung, Banten Pandeglang, Jawa Barat, Bantar Kawung, Yogyakarta, Lasem, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kepulauan Aru, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sangir Talaud, Maluku Utara, Maluku Selatan, Kepala Burung-Papua Utara, Jayapura, Nabire, Wamena, dan Kalimantan Timur. Peta kepulauan Indonesia pada pertemuan 3 lempeng

INTENSITAS DAN KEKUATAN GEMPABUMI

Intensitas gempabumi adalah tingkat kerusakan yang terasa pada lokasi terjadinya. Angkanya ditentukan dengan menilai kerusakan yang dihasilkannya, pengaruhnya pada benda-benda, bangunan, dan tanah, dan akibatnya pada orang-orang. Skala ini disebut MMI (Modified Mercalli Intensity) diperkenalkan oleh Giuseppe Mercalli pada tahun 1902. Magnituda adalah parameter gempa yang diukur berdasarkan yang terjadi pada daerah tertentu, akibat goncangan gempa pada sumbernya. Satuan yang digunakan adalah Skala Richter. Skala ini diperkenalkan oleh Charles F. Richter tahun 1934. Sebagai contoh, gempabumi dengan kekuatan 8 Skala Richter setara kekuatan bahan peledak TNT seberat 1 gigaton atau 1 milyar ton.

AKIBAT GEMPABUMI
Akibat utama gempabumi adalah hancurnya bangunan-bangunan karena goncangan tanah. Jatuhnya korban jiwa biasanya terjadi karena tertimpa reruntuhan bangunan, terkena longsor, dan kebakaran. Jika sumber gempabumi berada di dasar lautan maka bisa membangkitkan gelombang tsunami yang tidak saja menghantam pesisir pantai di sekitar sumber gempa tetapiJuga mencapai beberapa km ke daratan.
Korban jiwa terbesar akibat gempabumi Indonesia terjadi di Nias pada bulan Maret 2005 sebanyak 300 jiwa. Sementara korban jiwa gempabumi yang kemudian membangkitkan tsunami terbesar memakan korban jiwa terjadi di Aceh dan Sumut pada Desember 2004, sebanyak 250.000 jiwa.

TINDAKAN KITA SAAT TERJADI GEMPABUMI
Jika gempabumi menguncang secara tiba-tiba, berikut ini 10 petunjuk yang dapat dijadikan pegangan dimanapun anda berada.
DIDALAM RUMAH
Getaran akan terasa beberapa saat. Selama jangka waktu itu, anda harus mengupayakan keselamatan diri anda dan keluarga anda. Masuklah ke bawah meja untuk melindungi tubuh anda dari jatuhan benda-benda. Jika anda tidak memiliki meja, lindungi kepala anda dengan bantal. Jika anda sedang menyalakan kompor maka matikan segera untuk mencegah terjadinya kebakaran.

DI LUAR RUMAH
Lindungi kepala anda dan hindari benda-benda berbahaya. Di daerah perkantoran atau kawasan industri, bahaya bisa muncul dari jatuhnya kaca-kaca dan papan-papan reklame. Lindungi kepala anda dengan menggunakan tangan, tas atau apapun yang anda bawa.

DI MALL, BIOSKOP, DAN LANTAI DASAR MALL
Jangan menyebabkan kepanikan atau korban dari kepanikan. Ikuti semua petunjuk dari pegawai atau satpam.

DI DALAM LIFT
Jangan menggunakan lift saat terjadi gempabumi atau kebakaran. Jika anda merasakan getaran gempabumi saat berada di dalam lift, maka tekanlah semua tombol. Ketika lift berhenti, keluarlah, lihat keamanannya dan mengungsilah. Jika anda terjebak dalam lift, hubungi manajer gedung dengan menggunakan interphone jika tersedia.

DI DALAM KERETA API

Berpeganganlah dengan erat pada tiang sehingga anda tidak akan terjatuh seandainya kereta dihentikan secara mendadak. Bersikap tenanglah mengikuti penjelasan dari petugas kereta. Salah mengerti terhadap informasi petugas kereta atau stasiun akan mengakibatkan kepanikan.

DI DALAM MOBIL

Saat terjadi gempabumi besar, anda akan merasa seakan-akan roda mobil anda gundul. Anda akan kehilangan kontrol terhadap mobil dan susah mengendalikannya. Jauhi persimpangan, pinggirkan mobil anda di kiri jalan dan berhentilah. Ikuti instruksi dari radio mobil. Jika harus mengungsi maka keluarlah dari mobil, biarkan mobil tak terkunci.

DI GUNUNG/PANTAI
Ada kemungkinan lonsor terjadi dari atas gunung. Menjauhlah langsung ke tempat aman. Di pesisir pantai, bahayanya datang dari tsunami. Jika anda merasakan getaran dan tanda-tanda tsunami tampak, cepatlah mengungsi ke dataran yang tinggi.

BERI PERTOLONGAN
Sudah dapat diramalkan bahwa banyak orang akan cedera saat terjadi gempabumi besar. Karena petugas kesehatan dari rumah-rumah sakit akan mengalami kesulitan datang ke tempat kejadian maka bersiaplah memberikan pertolongan pertama kepada orang-orang berada di sekitar anda.

EVAKUASI
Tempat-tempat pengungsian biasanya telah diatur oleh pemerintah daerah. Pengungsian perlu dilakukan jika kebakaran meluas akibat gempabumi. Pada prinsipnya, evakuasi dilakukan dengan berjalan kaki dibawah kawalan petugas polisi atau instansi pemerintah. Bawalah barang-barang secukupnya.

DENGARKAN INFORMASI

Saat gempabumi besar terjadi, masyarakat terpukul kejiwaannya. Untuk mencegah kepanikan, penting sekali setiap orang bersikap tenang dan bertindaklah sesuai dengan informasi yang benar. Anda dapat memperoleh informasi yang benar dari pihak berwenang, polisi, atau petugas PMK. Jangan bertindak karena informasi orang yang tidak jelas. Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral
Diposting oleh Putra Aditya Dasopang



Ancaman pola hidup seks bebas di kalangan mahasiswa secara umum dan di pondokan atau kos-kosan, khususnya di daerah Kota Jogjakarta, berkembang semakin serius dengan makin longgarnya kontrol yang mereka terima

Jumlah remaja yang mengalami masalah kehidupan seks terus bertambah akibat pola hidup seks bebas, karena pada kenyataannya pengaruh gaya seks bebas yang mereka terima jauh lebih kuat dari kontrol yang mereka terima maupun pembinaan dari orang tua.

Sementara itu tingkat pengawasan dari pemilik kos makin longgar, atau bahkan tidak ada bapak kos yang patut disegani.Sekuat-kuatnya mental seorang mahasiswa kalau terus-menerus mengalami godaan tentu suatu saat akan tergoda pula untuk melakukannya. Godaan bisa berawal dari perbuatan teman2 se-kos yang dengan bebasnya melakukan hubungan seks.

Daerah yang paling besar perilaku seks bebasnya adalah SETURAN,BABARSARI. ya, disanalah tingkat tertinggi dosa yang dibuat oleh mahasiswa yang kebanyakan berasal dari luar jogja. mumpung jauh dari orang tua, ngekos bebas, ya ngeseks ujung2nya..

Pada dasarnya perilaku seksual dapat dikelompokkan menjadi empat kategori, yaitu berciuman, berpelukan, bercumbu (petting), dan berhubungan badan. Sebagian besar perilaku seksual tersebut dilakukan di rumah, rumah kos, lingkungan kampus, dan tempat-tempat lainnya seperti hotel, losmen dan tempat penginapan lainnya. Bahkan ada juga yang melakukannya di dalam mobil pada waktu jalan-jalan.

Perilaku hubungan seks bebas di jogjakarta paling banyak dilakukan sepulang dari tempat hiburan malam, biasanya cewe2 yang sudah mabok akan sangat gampang untuk ditiduri oleh teman2 lelakinya.




Buat mahasiswa saya berpesan agar mempertebal iman agar tidak terjerumus kedalam kehidupan yang salah. Kalian semua adalah generasi yang diharapkan oleh bangsa ini untuk membangun Negara ini dan kalianlah yang akan menjadi pemimpin yang akan datang.

Dan dibawah ini ada sedikit tanya jawab antara si penanya yang pernah berzina dan dijawab oleh ust. ahmad sarwat. Semoga Bermanfaat.
Berzina Adalah Dosa Besar Apakah Dapat Terampuni?

Pertanyaan

Pa Ustaz apakah seseorang yang telah melakukan dosa terbesar seperti berzina dapat diampuni oleh ALLAH. Lalu bagaimana cara ritual yang bisa dilakukan dan menjauhkan perasaan hati agar tidak selalu terbawa oleh perasaan ketakutan sehingga dapat berjalan hidup secara normal. Apakah ALLAh akan mengampuni dosa seperti itu pa Ustaz. Terimakasih pa ustaz semoga amal ibadah kita selalu diterima oleh ALLAH SWT

Jawaban

Tidak ada dosa yang tidak bisa diampuni. Karena semua anak Adam pasti melakuan kesalahan, khilaf, lalai, lupa atau tertipu syetan. Maka Allah SWT selalu membuka pintu ampunan selebar-lebarnya, agar tidak ada lagi anak Adam yang mati tanpa mendapatkan ampunan.

Bahkan dosa syirik sekalipun bisa diampuni, asalkan minta ampun itu dilakukan sejak masih hidup di dunia. Dosa syirik yang tidak dapat diampuni adalah bila minta ampunnya setelah wafat atau di hari akhir.

Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar. (QS. An-Nisa”: 48)

Sedangkan dosa selain syirik termasuk dosa zina, bisa diampuni, baik di dunia ini maupun di akhirat. Ampunan di dunia cukup dengan meminta ampun. Syarat adalah segera berhenti dari zina, penyesalan yang mendalam di dalam hati serta sumpah tidak akan pernah mengulangi lagi. Itu syarat utama.

Kemudian, bila orang yang pernah berzina itu kebetulan hidup di dalam negeri yang menerapkan syariat Islam, syarat tambahannya adalah dia harus mengakui perbuatan zinanya di hadapan hakim dan siap menerima hukuman, baik cambuk 100 kali maupun rajam.

Hukuman cambuk 100 kali untuk mereka yang belum pernah melakukan hubungan seksualhalal sebelumnya, sedangkan hukuman rajam (dilepmari batu hingga mati) buat mereka yang sudah pernah melakukan hubungan seksual halal sebelumnya. Keduanya berlaku sama baik laki-laki atau perempuan.

Namun bila dia kebetulan tinggal di negeri yang tidak menerapkan hukum Islam, maka tidak ada keharusan untuk menjalankan hukuman rajam atau cambuk sendirian atau secara swasta. Sebab pelaksanaan hukuman itu merupakan kewajiban pemerintahan yang sah. Yayasan, pengajian, ormas, orsospol, atau lembaga swasta lainnya tidak punya wewenang untuk menjalankan hukuman itu. Apalagi individu partikelir, jelas lebih tidak relevan lagi.



Lalu apakah orang yang pernah berzina lalu bertaubat bisa masuk surga?

Jawabnya bisa!!. Asalkan bertaubat dengan taubat yang benar, serta rela menjalani hukuman yang berlaku. Dan hal itu sudah terbukti dan pernah terjadi sungguhnan di masa Rasulullah SAW.

Adalah seorang wanita dari dari Juhainah datang kepada nabi SAW dalam keadaan hamil dan mengaku berzina. Dia sudah taubat dari dosanya dan minta dirajam. Setelah dirajam, jenazahnya dishalati oleh Rasulullah SAW. Melihat hal itu, Umar bin Al-Khattab ra bertanya, “Apakah Anda wahai nabiyallah menshalatinya padahal dia pernah berzina?” Beliau pun menjawab:

Sesungguhnya dia telah bertaubat dengan kualitas taubat yang bila dibagikan kepada 70 orang penduduk Madinah, telah mencukupi. (HR Muslim)
Diposting oleh Putra Aditya Dasopang Label:



Apa itu:
Sebuah karya breakdown structure (WBS) adalah proses untuk menentukan akhir dan produk antara suatu proyek dan hubungan mereka. Umumnya, WBS menggunakan diagram pohon / struktur diagram untuk menunjukkan keseluruhan resolusi persyaratan menjadi semakin tingginya tingkat detail. WBS memungkinkan sebuah tim untuk mencapai persyaratan umum oleh partisi tugas besar ke dalam komponen yang lebih kecil dan berfokus pada pekerjaan yang dapat lebih mudah dilakukan.

Ketika menggunakannya:
Sebuah karya struktur breakdown merupakan elemen penting dalam perencanaan dan manajemen proyek. WBS Kualitas proses perencanaan, WBS dimulai dengan tujuan umum dan kemudian mengidentifikasi tingkat yang lebih halus semakin tindakan yang diperlukan untuk mencapai tujuan. Kualitas proses perbaikan, alat ini sangat berguna untuk menciptakan sebuah rencana pelaksanaan untuk memperbaiki proses identifikasi masalah.Untuk WBS secara akurat mencerminkan proyek, Bagaimanapun, adalah penting bahwa tim menggunakannya memiliki pemahaman rinci tugas-tugas yang diperlukan.

WBS menangkap semua elemen dari sebuah proyek di teratur. Meruntuhkan besar, proyek-proyek yang kompleks menjadi bagian proyek yang lebih kecil memberikan kerangka kerja yang lebih baik untuk mengatur dan mengelola proyek. WBS dapat memfasilitasi alokasi sumber daya, tugas tugas, tanggung jawab, pengukuran dan pengendalian proyek. WBS adalah yang digunakan pada awal proyek untuk menetapkan cakupan, perkiraan biaya dan mengatur jadwal GanttDalam menggunakan WBS, penting bahwa proyek tidak dipecah menjadi terlalu banyak detail seperti yang dapat mengarah pada mikro manajemen. Sebaliknya, terlalu sedikit detail dapat mengakibatkan tugas-tugas yang terlalu besar untuk mengelola secara efektif. WBS dapat disajikan dalam sebuah daftar tabel, daftar tugas yang menjorok sebagai bagian dari bagan Gantt atau dalam pohon hirarki. Lebih sering WBS terdaftar dalam hirarki pohon yang menangkap kiriman dan tugas-tugas yang diperlukan untuk mencapai penyelesaian proyek.

Cara menggunakannya:

Mengidentifikasi kebutuhan atau tujuan utama.
Ini harus item yang jelas, berdasarkan kebutuhan pelanggan, di mana seluruh tim setuju. Menulis persyaratan ini di bagian atas tabel.

Membagi pernyataan persyaratan ke kategori sekunder utama.
Cabang-cabang ini harus mewakili persyaratan, produk, atau kegiatan yang secara langsung mengarah ke tujuan utama atau yang secara langsung dibutuhkan untuk memenuhi persyaratan secara keseluruhan. the harus terus-menerus bertanya, "Apa yang diperlukan untuk memenuhi kondisi ini?", "Apa yang terjadi selanjutnya?", dan "Apa yang perlu ditangani?" Tulis sekunder kategori di bawah pernyataan persyaratan utama. Menggunakan catatan tempel pada tahap ini kemudian membuat perubahan lebih mudah dilakukan.




Break setiap utama menuju lebih detail.
Ketika Anda bergerak dari atas ke bawah dalam WBS, produk dan kegiatan yang harus menjadi lebih dan lebih spesifik. Menghentikan kerusakan ketika setiap tugas yang cukup kecil untuk dapat dengan mudah diselesaikan dan dievaluasi untuk akurasi. Jika tim tidak memiliki pengetahuan yang cukup untuk melanjutkan di beberapa titik, mengidentifikasi individu-individu yang dapat menyediakan informasi dan rincian kemudian melanjutkan dengan individu-individu yang hadir.

Periksa WBS untuk logika dan kelengkapan.
Pastikan bahwa setiap subpos dan path memiliki penyebab langsung-akibat hubungan dengan yang sebelumnya.. Memeriksa jalan untuk memastikan bahwa tidak ada produk atau tindakan yang jelas telah ditinggalkan. Juga memastikan pengembangan produk terdaftar atau penyelesaian tindakan yang tercantum memang akan mengarah pada hasil yang diantisipasi.


Pada prinsipnya Work Breakdown Structure (WBS) adalah pemecahan atau pembagian pekerjaan ke dalam bagian yang lebih kecil (sub-kegiatan), alasan perlunya WBS adalah :
1. Pengembangan WBS di awal Project Life Cycle memungkinkan diperolehnya pengertian cakupan proyek dengan jelas, dan proses pengembangan WBS ini membantu semua anggota untuk lebih mengerti tentang proyek selama tahap awal.
2. WBS membantu dalam pengawasan dan peramalan biaya, jadwal, dan informasi mengenai produktifitas yang meyakinkan anggota manajemen proyek sebagai dasar untuk membuat perundingan.

WBS merupakan elemen penting, karena memberikan kerangka yang membantu, antara lain dalam :
11. Penggambaran program sebagai ringkasan dari bagian-bagian yang kecil.
2. Pembuatan perencanaan
3. Pembuatan network dan perencanaan pengawasan.
4. Pembagian tanggung jawab.
5. Penggunaan WBS ini memungkinkan bagian-bagian proyek terdefinisi dengan jelas.




Berikut ini merpakan contoh dari WBS dalam projek konser " Konser Selamatkan Budaya Kita":

1.Pembentukan Panitia
1.1Melakukan kordinasi dengan tim direksi yang akan memilih panitia produksi penyelenggara konser
1.1.1Membuat surat keputusan sebagai tanda bahwa sahnya sebagai tim pelaksana projek
1.1.1.1Menghubungi orang-orang yang akan dijadikan panitia pelaksana projek
1.2Melaksanakan rapat kordinasi panitia untuik petama kali sehingga seluruh panitia mengetahui job description yang harus mereka lakukan.
1.2.1Mengelompokkan tiap seksi dan memberikan penjelasan apa yang harus mereka lakukan.
1.2.1.1Menetukan apa yang haus dilakukan ke depan untuk menjalankan projek

2.Mencari sponsor konser
2.1 Membuat proposal kerjasama
2.1.1 Meminta persetujuan dari kepala direksi dan pihak penanggung jawab projek.
2.1.2 Menentukan jenis proposal yang akan dibuat apakah proposal kerjasama ataupun proposal permintaan dana.
2.2 Menentukan tempat penyebaran dan menyebarkannya proposal yang sudah disesuaikan dengan jenis proposal yang akan diserahkan.
2.3 Meminta kejelasan waktu dan tempat konfirmasi serta contac person yang bisa dihubungi untuk lebih memudahkan dalam konfirmasi dan kerjasama.
2.4 Melakukan konfirmasi tentang kerjasama yang ingin dilakukan. Dan juga membuat kontrak kerjasama yang harus disepakati agar tidak terjadi kekeliruan dan salah paham.

3.Melakukan publikasi
3.1 Jika publikasi dengan pihak radio yang harus dilakukan pertama adalah menentukan waktu dan berapa kali akan disiarkan publikasi projek kita.
3.1.1 Membuat materi dari publikasi yang akan kita berian kepada pihak radio.
3.1.1.1 Melakukan pengamatan tetntang publikasi kita radio apakah benar-benar sesuai dengan apa yang sudah ada di dalam kontrak sebelumnya
3.2 Jika membuat pamflet maka yang harus dilakukan adalah membuat desain dari pemflet yang akan kita buat.
3.2.1 Menyerakannya pada pihak advertise dan mengambilnya sesuai dengan janji atau kontrak yang ada.
3.3 Menyebarkan pamphlet di tempat-tempat yang dianggap strategis sebagai tempat publikasi.
3.4. Mengamati perkembangan dari penempelan pamphlet apakan mendapatkan respon yang baik dari masyarakat atau tidak.

4.Mengundang bintang tamu yang ingin ditampilkan.
4.1 Menghubungi pihak manajemen dari bintang tamu
4.1.1 Membuat janji dengan pihak manajemen untuk membuat janji untuk melakukan kerjasama dengan pihak manajemen.
4.1.2 Melakukan pertemuan dengan pihak manajemen.
4.2 Membuat kontrak kerjasama, baik itu menentukan waktu, tempat, honor dan lainnya.



5.Mempersiapkan semua alat dan perlengkapan konser
5.1Melakukan janji dan juga bertemu dengan pihak penyewaan alat dan perlengkapan konser seperti panggung, sound system, lighting, sampai pada dekorasi panggung.
5.2Memberi janji kapan semua alat dan perlengkapan akan dipasang di tempat konser.
5.3Memasang semua alat dan perlengkapan akan dipasang di tempat konser. Dan mengecek semua perlengkapan apakah sudah sesuai dengan konsep ementasa yang diusung dalam koser tersebut.
5.3.1 Melakukan kordinasi dekorasi yang sudah dirancang agar tidak terjadi kesalahan dan tidak sama antara konsep dengan dekorasi.

6.Melakukan General Reherseal
6.1Memastikan semua pengisi acara datang
6.2Memberikan rounddown acara kepada semua pengisi acara
6.2.1Memberikan pengarahan bagaimana konsep yang diinginkan oleh panitia penyelenggara.
6.2.2Melakukan breaving dengan semua pengisi acara, panitia, dan semua kru pelaksana untuk menerangkan bagaimana acara ini akan dijalankan.
6.3Mempersiapkan alat dan semua perlengkapan GR.
6.4Melakukan GR

7.Pelaksanaan konser
Diposting oleh Putra Aditya Dasopang Label:

APA itu IMK?

IMK atau Interaksi Manusia Komputer atau HCI (Human Computer Interaction) adalah disiplin ilmu pengetahuan yang mengulas tentang perancangan, evaluasi dan implementasi dari sistem komputer interaktif terkait dengan penggunaannya oleh manusia beserta hal-hal yang terkait dengan itu.

Tujuan utama dari IMK adalah menghasilkan sistem komputer yang mampu digunakan dengan baik oleh pengguna (good usability) melalui desain antarmuka dengan memperhatikan beberapa hal penting seperti memahami faktor-faktor yang membuat manusia menggunakan teknologi, mengembangkan teknik-teknik yang yang memungkinkan untuk membangun sistem yang sesuai dengan tujuan serta mencapi interaksi yang aman, efektif dan efisien. Selain desain antarmuka, karakteristik manusia tentu saja sangat mempengaruhi IMK.

Kenapa IMK dibutuhkan?

Dari wikipedia, interaksi adalah suatu jenis tindakan atau aksi yang terjadi sewaktu dua atau lebih objek mempengaruhi atau memiliki efek satu sama lain. Melalui definisi tersebut dapat dilihat bahwa pengaruh interaksi sangat kuat bagi pelaku interaksi tersebut. Apabila dikaitkan dengan IMK, dapat dibayangkan seharusnya banyak sekali pengaruh desain antarmuka bagi para pengguna sistem

Desain antarmuka adalah media yang menjembatani kemampuan-kemampuan fungsionalitas sistem kepada pengguna. Selain itu, desain antar muka merupakan kendaraan yang akan membawa pengguna pada fungsi sistem yang ingin dilakukan olehnya. Hal-hal tersebut yang akan memberikan dampak langsung pada pengembang sistem, apalagi jika terkait dengan kustomer dan keutungan organisasi.

Layout, tampilan dan navigasi layar sistem akan memberikan efek bagi pengguna melalui banyak cara. Jika hal-hal tersebut memusingkan dan tidak efisien, maka pengguna akan mengalami kesulitan dalam mengerjakan pekerjan mereka dan relatif melakukan lebih banyak kesalahan. Desain yang buruk akan membuat pengguna takut sehingga tidak akan kembali menggunakan sistem tersebut. Hal-hal tersebut apabila tidak dikelola dengan baik juga akan menyebabkan frustasi dan peningkatan stres pada pengguna serta lebih jauh lagi akan meperburuk kondisi keuangan pengguna dan organisasi. Pada beberapa sistem yang sangat riskan seperti traffic control, nuclear power plant, hal-hal tersebut akan berpengaruh bagi keselamatan pengguna dan masyarakat luas.

Bagi pengembang, tujuan dari rekayasa sistem adalah membuat kualitas hidup pemakai semakin baik. Desainer umumnya ingin membuat sistem interaktif berkualitas tinggi yang dikagumi oleh orang-orang, beredar luas dan sering ditiru, lebih dalam dari sekadar gagasan user-friendly.

Fungsionalitas yang semestinya, seperti yang bisa anda lihat pada gambar sebelah kanan, merupakan salah satu aspek penting dalam tujuan rekayasa sistem yang terkait dengan IMK. Fungsionalitas yang dimaksudkan melingkupi :

  • Tugas-tugas apa yang harus dilaksanakan.
  • Tugas-tugas umum (sering) mudah ditentukan, namun yang jarang lebih sulit ditemukan.
  • Kelengkapan fungsionalitas.

Aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam suksesnya pencapaian tujuan tersebut adalah :

  • Kehandalan : berfungsi seperti yang diinginkan.
  • Ketersediaan : tersedia ketika hendak digunakan.
  • Keamanan : terlindungi dari akses yang tidak diinginkan.
  • Integritas data : terlindung dari kerusakan baik sengaja atau tidak.
  • Standardisasi : keseragaman sifat-sifat antarmuka pemakai pada aplikasi yang berbeda.
  • Integritas : keterpaduan antara paket aplikasi dan software tools.
  • Konsistensi : keseragaman dalam suatu program aplikasi.
  • Integritas : dimungkinnya data dikonversi pada berbagai hardware dan software.

Situs Web dan IMK

Situs web merupakan salah satu aplikasi sistem komputer yang banyak digunakan oleh manusia saat ini. Selain akses yang mudah dan jaringan yang luas, informasi-informasi sangat mudah didapatkan melalui sistem ini. Pencapaian informasi tersebut tentunya sangat terkait dengan desain antarmuka. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, begitu banyak hal yang dapat mengakibatkan kegagalan pada pengguna. Sangat disayangkan apabila informasi-informasi yang sangat mudah didapatkan melalui situs-situs web tidak dimaksimalkan atau justru memberikan dampak buruk bagi penggunanya.

Situs web memiliki karakteristik yang berbeda dengan aplikasi komputer lainnya. Perbedaan itu dapat dilihat informasi dan navigasi yang menjadi fokus pengguna, redundansi data dan informasi yang begitu banyaknya sehingga terkadang tidak diketahui dari mana asalnya, interaksi yang umumnya hanya dengan melakukan klik sekali pada link, waktu respon dan sebagainya. Karakteristik-karakteristik tersebut yang harus diperhatikan selain karakteristik pengguna situs sendiri.

Situs web memiliki perkembangan yang luar biasa beberapa tahun terakhir ini. Hal tersebut disebabkan oleh mudahnya pembuatan situs web yang juga memudahkan pengguna internet dapat mengembangkan situs web yang mereka buat. Sayangnya, tidak banyak dari mereka yang memahami dan memperhatikan konsep IMK terkait dengan pencapaian informasi dan konten yang disampaikan oleh pengelola situs.

Diposting oleh Putra Aditya Dasopang

Ketika komputer pertama kali diperkenalkan secara komersial pada tahun 50-an, mesin ini sangat sulit dipakai dan sangat tidak praktis. Hal demikian karena waktu itu komputer merupakan mesin yang sangat mahal dan besar, hanya dipakai dikalangan tertentu, misalnya para ilmuwan atau ahli-ahli teknik.

Setelah komputer pribadi (PC) diperkenalkan pada tahun 70-an, maka berkembanglah penggunaan teknologi ini secara cepat dan mengagurnkan ke berbagai penjuru kehidupan (pendidikan, perdagangan, pertahanan, perusahaan, dan sebagainya). Kemajuan-kemajuan teknologi tersebut akhirnya juga mempengaruhi rancangan sistem. Sistem rancangan dituntut harus bisa memenuhi kebutuhan pemakai, sistem harus mempunyai kecocokkan dengan kebutuhan pemakai atau suatu sistem yang dirancang harus berorientasi kepada pemakai. Pada awal tahun 70-an ini, juga mulai muncul isu teknik antarmuka pemakai (user interface) yang diketahui sebagai Man-Machine Interaction (MMI) atau Interaksi Manusia-Mesin.

Pada Man-Machine Interaction sudah diterapkan sistem yang “user friendly”. Narnun, sifat user friendly pada MMI ini diartikan secara terbatas. User friendly pada MMI hanya dikaitkan dengan aspek-aspek yang berhubungan dengan estetika atau keindahan tampilan pada layar saja. Sistem tersebut hanya menitik beratkan pada aspek rancangan antarmukanya saja, sedangkan faktor-faktor atau aspek-aspek yang berhubungan dengan pemakai baik secara organisasi atau individu belum diperhatikan [PRE94].

Para peneliti akademis mengatakan suatu rancangan sistem yang berorientasi kepada pemakai, yang memperhatikan kapabilitas dan kelemahan pemakai ataupun sistem (komputer) akan memberi kontribusi kepada interaksi manusia-komputer yang lebih baik. Maka pada pertengahan tahun 80-an diperkenalkanlah istilah Human-Computer Interaction (HCI) atau Interaksi Manusia-Komputer.

Pada HCI ini cakupan atau fokus perhatiannya lebih luas, tidak hanya berfokus pada rancangan antarmuka saja, tetapi juga memperhatikan semua aspek yang berhubungan dengan interaksi antara manusia dan komputer. HCI ini kemudian berkembang sebagai disiplin ilmu tersendiri (yang merupakan bidang ilmu interdisipliner) yang membahas hubungan tirnbal balik antara manusia-komputer beserta efek-efek yang terjadi diantaranya.

Oleh Baecker dan Buxton [dalam PRE94] HCI ini didefinisikan sebagai “set of processes, dialogues, and actions through -which a human user employs and interacts with computer”. ACM-SGCHI [dalam PRE94] lebih jauh menuliskan definisi tentang HCI sebagai berikut:

— human-computer interaction is a discipline concerned with the design, evaluation and implementation of interactive computing system for human use and with the study of major phenomena surrounding them. “

Dengan demikian terlihat jelas bahwa fokus perhatian HCI tidak hanya pada keindahan tampilannya saja atau hanya tertuju pada tampilan antarmukanya saja, tetapi juga memperhatikan aspek-aspek pamakai, implementasi sistem rancangannya dan fenomena lingkungannya, dan lainnya. Misalnya, rancangan sistem itu harus memperhatikan kenyamanan pemakai, kemudahan dalam pemakaian, mudah untuk dipelajari dlsb.

Tujuan dari HCI adalah untuk menghasilkan sistem yang bermanfaat (usable) dan aman (safe), artinya sistem tersebut dapat berfungsi dengan baik. Sistem tersebut bisa untuk mengembangkan dan meningkatkan keamanan (safety), utilitas (utility), ketergunaan (usability), efektifitas (efectiveness) dan efisiensinya (eficiency). Sistem yang dimaksud konteksnya tidak hanya pada perangkat keras dan perangkat lunak, tetapi juga mencakup lingkungan secara keseluruhan, baik itu lingkungan organisasi masyarakat kerja atau lingkungan keluarga. Sedangkan utilitas mengacu kepada fungsionalitas sistem atau sistem tersebut dapat meningkatkan efektifitas dan efesiensi kerjanya. Ketergunaan (usability) disini dimaksudkan bahwa sstem yang dibuat tersebut mudah digunakan dan mudah dipelajari baik secara individu ataupun kelompok.

Pendapat Preece, J. di atas didasarkan pada pemikiran yang menyatakan bahwa kepentingan pemakai sistem harus didahulukan, pemakai tidak bisa diubah secara radikal terhadap sistem yang telah ada, sistem yang dirancang harus cocok dengan kebutuhan-kebutuhan pemakai.

Selanjutnya, dalam berinteraksi dengan komputer, para pemakai pertama kali akan berhadapan dengan perangkat keras komputer. Untuk sampai pada isi yang ingin disampaikan oleh perangkat lunak, pemakai dihadapkan terlebih dahulu dengan seperangkat alat seperti papan ketik (keyboard), monitor, mouse, joystick, dan lain-lain. Pemakai harus dapat mengoperasikan seperangkat alat tersebut. Selanjutnya, pemakai akan berhadapan dengan macam-macam tampilan menu, macam-macam perintah yang terdiri dari kata atau kata-kata yang harus diketikkannya, misalnya save, copy, delete, atau macam-macam ikon. Peralatan, perintah, ikon dan lain-lain yang disebutkan di atas dikenal dengan nama interface (antarmuka). Interface ini merupakan lapisan pertama yang langsung bertatap muka dengan pemakai.

Diposting oleh Putra Aditya Dasopang Label:
Rabu, 22 Juli 2009 di 11.19 | 0 komentar  

Kadang memang pope ngerasa kuat bgt . Kadang pope ngerasa klo pope terlalu kanak2 bgt. Pope ngerasa g berdaya hadapi maslah yang sebenarnya pasti akan berlalu. Tpi untuk hadapi mslh itu berat bgt gelupainnya. Pope ngerasa klo hati ini sakit bgt, jantung rasanya berhenti, Pope kayakg ada rasa, semuanya jadi kosong. G ada lagi apa2 suma ada ruang kosong aja. Knapa ampe sgininya yachh....padahal pope bukan nak cew yang biasanya cuma bisa ngerengek sambil nangis minta balon ato apalah..

Perasaan pope ini bnr2 sakit bgt..bukan karena disakiti oleh orang lain tapi karena di tinggal tmn. Bukan karena maslah bukan karena maut , dan bukan karena ia tak tau lagi arti persahabatan. Tmn pope pergi karena mmg sudah seharusnya sia pergi. Itu yangbuat pope g tau harus gmn lagi. Klo pergi karena maslh pope bisa udahakan selesaikan maslah tapi klo seperti ini pope g tau apa yang harus dilakuin.


Pope g tau harus gmn ???. terlalu besar cinta pope buat tmn2. g sanggup pope untuk ningalinnya. terlalu banyak knangan yang harus pope ingat untuk mengenang kalian . Tapi pope harap semuanya bisa berjalan lancar karena yang kalian pilih adalah yang terbaik buat kalian. Pope jadi ingat apa yang dikatakan landak kepala botak " semuanya hanya titipan kita g bisa miliki".
jadi ya harus ikhlas. Namanya cuma dititipin aja. Mau gmn lagi.....

Tak ada yang abadi....yang bisa kekal cuma tuhan saja..dan selalu tetap adalah perbahan itu sendiri . semua yang dijalani adalah hal yang sebenarnya harus kita pertanggungjawabkan nantinya. semoga aja apa yang pope ktaka ini juga bisa pope lakukan .

Satu lagi yang ingin pope bilang klo sampai kapanpun kalian gakan pernah pope lupain karena kalian sudah memberi sesuatu yang sangat berharga di dalam hidup pope.

Mau g mau atau suka g suka kepompong harus jadi kupu2. berusu harus berubah jadi katak. itulah hukum alam . Yang datang pasti akan pergi dan yang ada pastinya akan menjadi tidak ada suatu saat nanti.

heheehh.......ni udah kayak ceramah aja ... bingung juga.,.knapa pope jadi melloww ais gini. buat semua tmn2 pope semangat yach......
Diposting oleh Putra Aditya Dasopang
Dia adalah salah satu orang yang berpengaruh di tempat aq blajar. Tapi dia sangat membosankan. Dia tidak pernah memperhatikan perasaan orang lain. Dasar paus betina.

Terus terang aq sangat menghormatinya karena sia punya ilmu yang sangat aq butuhkan. tapi dia sangat menyebalkan. dia pernah mengusirku kluar klas karena cuma aq ngobrol dengan tmnq. Padahal masih banyak org yang lbh ribut dari aq. Karena hal itu aq rasanya ingin meninjunya sampai badannya kempes dan terbang. heheheheheh...( bisa g yachh )....
Dia sebenarnya orang yang sangat baik..tapi dia tidak bisa menempatkan suasana. Paus betina ini sepertinya kebanyakan makan cincau dicampur dengan bayam dan juga kubis busuk yang sudah di makan rayap. Terkadang aq juga kasian melihyatnya karena selalu dimarahai oleh gagak muncung nongol yang selalu marah saja kerjanya..... Dia kadang menagis dan mengatakannya kepadaku .

Kadang aq memang kasian , tapi paus juga terkadang menyebalkan. Gagak muncung nongol. Huh......mereka adalah org yang punya watak yang sangat keras. Tapi sangat egois karena hanya memikirkan diri mereka saja. Suatu hari aq aq pergi bersama paus untuk melihat konser dan kami menaiki dokar dokar merah peyot. Aq sampai kasian liat dokar itu karena aq bisa pastikan dokar aitu sangat reok di naiki oleh paus yang sangat besar dan juga berat pastinya.
Kadang aq juga meihat kesedihan paus memikirkan bagaimana nasibnya k depan. Dia harus memikirkan asiknya juga dan lainnya. Moga aja paus bisa jadi induk yang baik. Dia juga mengatakan kalau dia sudah di jodohkan di kampungnya. Tapi dalam pikiranku mengatakan. Emang ada yang mau ama ikan paus...........heheheehheeh

Ya..namanya juga jodoh....mau gmn lagi kan cuma tuhan yang tau,,,,,,


Diposting oleh Putra Aditya Dasopang Label:
Kamis, 16 Juli 2009 di 21.54 | 0 komentar  
Pemrograman merupakan pemrograman yang cukup mudah. Akan tetapi banyak sekali orang yang belum mengerti. Bahasa Pascal adalah bahasa pemrograman yang yang sering digunakan bagi para pemula.
Diposting oleh Putra Aditya Dasopang

Diposting oleh Putra Aditya Dasopang
Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger templates